Pendidikan IPA Unimed Menggelar “Pelatihan Canva Dalam Pendidikan” Dalam Mendukung Digitalisasi Pendidikan

Pelatihan Canva Pendidikan IPA

Pendidikan IPA telah melaksanakan pelatihan Canva dalam pendidikan, melalui Zoom Meeting oleh Rizky Agassy Sihombing, S.Pd (Mahasiswa Pendidikan IPA stambuk 2019) selaku pemateri.

Pelatihan ini bertujuan untuk menumbuhkan, memotivasi para mahasiswa/i agar lebih giat dalam berkarya guna meningkatkan mutu pendidikan yang ada pada saat ini, selain itu juga dapat menambah informasi kepada para mahasiswa/i mengenai digitalisasi pendidikan.

Ali Ahmatul Umri Hasibuan (Mahasiswa Pendidikan IPA stambuk 2021) selaku moderator memulai pelatihan ini, kemudian pembacaan doa oleh Muhamad Fahrizal (Mahasiswa Pendidikan IPA Angkatan 2020), dilanjutkan pemberian kata sambutan oleh Wina Dyah Puspita Sari, S.Si., M.Si, selaku ketua prodi Pendidikan IPA Unimed, dan Khairiza Lubis, S.Si., M.Sc., Ph.D, selaku ketua jurusan Biologi Unimed.

Dalam kata sambutannya mereka berpesan kepada seluruh para mahasiswa/i, agar terus mengasah soft skill, serta terus memotivasi diri agar selalu melatih diri dalam berkreativitas serta tekun dalam mempelajari hal-hal baru, karena tantangan zaman semakin berkembang, diperlukan adanya soft skill yang harus dikuasai. Terkhususnya mahasiswa/i Pendidikan IPA, Pendidikan Biologi, agar mampu berinovasi dalam membuat suatu bahan ajar, media pembelajaran yang berhubungan dengan dunia pendidikan.

Materi yang dibawakan pada pada pelatihan ini mengenai digitalisasi pendidikan melalui aplikasi Canva, seperti kelebihan dan kekurangan serta beberapa tutorial dalam membuat bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, dan sebagainya.

Digitalisasi pendidikan merupakan upaya untuk menunjang proses pembelajaran secara online (Pembelajaran Jarak Jauh) tanpa mengurangi esensi dalam penyampaian materi. Hal ini bertujuan mempermudah para guru dan siswa melaksanakan pembelajaran dari rumah dan ilmu pengetahuan yang didapat tetap efektif.

Diakhir acara, pemateri berpesan agar mahasiswa/i yang ada di Jurusan Biologi dapat menggali kesempatan yang sangat luar biasa ini, “Pahami terlebih dahulu aplikasi yang dipakai, eksekusi jika sudah memahami aplikasi, teruslah berkarya serta ciptakan dan kembangkanlah bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, dan lainnya dengan layak dan baik. Tidak ada hal yang instant, coba dan latih diri secara terus-menerus, agar kalian kedepannya memiliki soft skill, terlebih soft skill tersebut berguna untuk meningkatkan mutu Pendidikan saat ini” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *