DOSEN Pendidikan IPA UNIMED Beri Penyuluhan Peningkatan Imunitas Tubuh Anak di Masa Pandemi Covid-19

Tim Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Medan melaksanakan sosialisasi upaya meningkatkan Imunitas Anak dalam menghadapi pandemi Covid-19.  Tim  PKM yang bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakayat (LPPM) Unimed terdiri dari Widia Ningsih, S.Pd., MPd , Lastama Sinaga, S.Pd., M.Ed, Halim Simatupang, S.Pd., M.Pd  dan  Ayu Putri Ningsih, S.Si., M.Si. Kegiatan sosialisasi/penyuluhan ini dilaksanakan selama 4 bulan yaitu dari bulan Juni hingga November 2021 tepatnya di Posyandu Mekar sari yang terletak Jl. Banteng Ujung 2 No.33 Desa Mekar Sari Kecamatan Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang.

Sosialisasi ini merupakan salah satu bentuk kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh dosen FMIPA Universitas Negeri Medan. Sasaran dari sosialisasi ini adalah masyarakat Kelurahan Mekar Sari. Posyandu Mekar Sari selalu memberikan vaksin pada balita pada 3 minggu setiap bulannya. Selain itu, Posyandu Mekar Sari juga sering melaksanakan sosialisasi tentang kesehatan masyarakat pada ibu-ibu. Hal ini merupakan salah satu fungsi dari Posyandu Mekar Sari, yaitu sebagai wadah pelayanan kesehatan bagi lingkungan masyarakat di Kelurahan Mekar Sari.

Tujuan diadakannya sosialisasi ini adalah untuk memberikan penyuluhan dan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga dan meningkatkan imuntias tubuh anak dalam menghadapi pandemi Covid-19. Selain itu, sosialisasi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat dalam pencegahan Covid-19, salah satunya dengan meningkatkan imunitas tubuh pada anak-anak.

Widia Ninggih,M.Pd Sebagai Ketua pengabdian mengatakan pencegahan Covid-19 dapat dilakukan dengan penerepan protokol kesehatan, yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak serta menjauhi kerumunan. Pada kegiatan sosialiasi ini juga dilakukan pembagian alat kesehatan seperti hand sanitizer dan masker. Sementara itu, edukasi  mengenai upaya peningkatan imunitas anak dalam menghadapi pandemi Covid-19 dilakukan melalui enam langkah, yaitu: 1)Jangan biarkan anak murung; 2)Ajak anak tetap aktif/berolahraga; 3)Konsumsi makanan begizi seimbang; 4)Pastikan anak makan makanan kaya vitamin dan mineral; 5)Ajak anak berjemur; dan 6)Pastikan anak cukup tidur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *